Daftar Cara Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Makrufi.com – Sudah banyak orang yang mengenal bootable flashdisk, tetapi tidak tahu cara membuat bootable flashdisk.

Sebab itu, kami sudah menyiapkan artikel untuk anda mengetahui cara membuat bootable flashdisk dengan rufus.

Mengenal Bootable Flashdisk

Bootable adalah istilah yang banyak digunakan untuk menyebut sistem operasi yang disimpan di media penyimpanan dan digunakan untuk menginstal OS.

Mengenal Bootable Flashdisk

Meskipun kami mungkin membuat media penyimpanan lain, seperti CD dan hard drive, dapat di-boot, istilah “dapat di-boot” terutama dikaitkan dengan flash drive.

Bootable ini benar-benar menawarkan banyak manfaat selain yang dijelaskan di atas. Antara lain, dapat digunakan untuk mengatur sistem operasi, menginstal data yang rusak atau hilang, membersihkan data yang rusak, memamerkan sistem operasi, dan sebagainya.

Untuk membuat bootable flashdisk, terdapat beberapa aplikasi dan software yang dapat anda gunakan. Seperti: Windows USB/DVD tools, Rufus, Sardu Multiboot USB and DVD creator, Xboot, Win32 Disk Imager dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat bootable flashdisk dengan rufus. Hal ini dikarenakan rufus memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan software pembuat bootable yang lainnya.

Rufus adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memformat data dan membuatnya dapat di-boot pada flash drive. Ini juga dapat digunakan untuk berbagai media penyimpanan lainnya. Rufus juga dapat digunakan untuk menjalankan komputer tanpa sistem operasi, memulihkan firmware BIOS atau DOS, membuat sistem operasi lain dapat di-boot, dan memformat perangkat flash.

Itulah sekilas tentang Rufus, jika anda ingin mengenal rufus dan kegunaannya terbaru, simak artikel tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat bootable flash menggunakan Rufus? beginilah cara yang telah kami rangkum dari berbagai sumber

Cara Membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus

Ada 4 cara yang dapat anda lakukan untuk membuat flashdisk bootable dengan rufus, sebagai berikut:

1. Downoad Rufus

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mendownload program Rufus terlebih dahulu. Program ini berukuran sederhana, tetapi memiliki banyak manfaat dalam hal fungsionalitas. Setelah Anda berhasil mengunduhnya, silakan lakukan proses instalasi.

2. Pasang Flashdisk

Setelah terinstall, silahkan anda buka software rufusnya dan silahkan tancapkan flashdisk pada port USB.

Biasanya Rufus akan langsung mendeteksi flashdisk tersebut, jika tidak terdeteksi klik pada ikon segitiga di sebelah kanan Format Options. Kemudian ceklist pada opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks.

3. Setting Rufus

Langkah ketiga yakni silahkan anda ceklist pada bagian Quick Format dan pada opsi Create a bootable disk using pilih ISO Image.

Jika sudah semua, silahkan anda klik pada pilihan start, maka akan muncul windows peringatan bahwa seluruh data dalam flasdisk akan dihapus. Silahkan anda pilih OK untuk melanjutkan.

Setelah itu akan dilakukan proses pemformatan dan silahkan anda dilanjutkan dengan pembuatan bootable pada flashdisk.

4. Tunggu Proses Selesai

Silahkan anda tunggu sampai prosesnya selesai. Maka flashdisk siap digunakan untuk proses instalasi. Saat anda melakukan instalasi maka anda harus mengatur BIOS agar membaca flashdrive terlebih dahulu.

Kesimpulan:

Rufus adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memformat data dan membuatnya dapat di-boot pada flash drive.

Ini juga dapat digunakan untuk berbagai media penyimpanan lainnya. Tutorial ini menjelaskan cara menggunakan Rufus untuk membuat flash drive yang dapat di-boot menggunakan berbagai aplikasi dan perangkat lunak. Cara membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus.

Program ini berukuran sederhana, tetapi memiliki banyak manfaat dalam hal fungsionalitas. Ini dapat digunakan untuk menjalankan komputer tanpa sistem operasi, memulihkan firmware BIOS atau DOS, atau membuat sistem operasi lain dapat di-boot.

Recent Articles

Related Stories