Panduan Terbaik Investasi Emas Bagi Pemula

Makrufi.com – Sebagian orang suka berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Namun, jika anda ialah investor pemula dan ingin mengetahui panduan terbaik investasi emas bagi pemula, anda dapat simak artikel kali ini.

Investasi paling sederhana untuk dipahami adalah emas. Pendekatan investasi emas ini berguna untuk membangun portofolio investasi Anda, terutama selama masa pandemi.

Panduan Investasi Emas

Anda dapat mencoba saran investasi emas di bawah ini:

Panduan Investasi Emas

Emas Batangan

Emas batangan mengacu pada segala bentuk emas murni, dengan contoh paling umum adalah emas batangan. Batangan emas harus disertifikasi untuk berat dan kemurnian, dan biasanya memiliki nomor seri terlampir untuk alasan keamanan.

Emas batangan dapat bervariasi dalam ukuran. Ada beberapa kelemahan dalam membeli emas batangan, karena Anda harus memiliki tempat yang aman untuk menyimpan investasi.

Koin Emas

Anda mungkin mengetahui popularitas koin emas melalui infomersial dan iklan lainnya. Bentuk jual beli emas ini cukup tersebar luas, dan seringkali lebih nyaman daripada emas batangan karena ukurannya yang lebih kecil.

Investor dapat membeli koin emas dari kolektor atau dealer swasta, dan kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Dealer berlokasi di sebagian besar tempat sehingga koin emas mudah didapat. Untuk kemudahan pembelian, koin emas adalah salah satu cara terbaik untuk berinvestasi emas bagi pemula.

Perhiasan

Perhiasan emas bisa dibilang merupakan bentuk investasi emas yang paling sering dibeli dan dijual. Sebenarnya, perhiasan emas sangat ramah awal karena cukup mudah didapatkan.

Menurut Investopedia, sekitar 49 persen produksi emas dunia digunakan untuk memproduksi perhiasan.

ETF dan Reksa Dana

Dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF) dan reksa dana adalah akun yang membeli emas atas nama investor. Saham yang membentuk dana ini masing-masing mewakili sejumlah emas dan dapat dibeli dan dijual seperti saham.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk berinvestasi emas karena ETF dan reksa dana memungkinkan investor untuk bekerja dengan emas, tanpa berurusan dengan biaya kepemilikan yang sebenarnya (seperti keamanan emas atau asuransi) (seperti keamanan emas atau asuransi).

Ada biaya yang terkait dengan pembelian dan penjualan emas melalui ETF atau reksa dana, tetapi seringkali jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengelola aset lainnya.

Emas Berjangka

Emas berjangka adalah kontrak berjangka untuk membeli dan menjual emas pada saat tertentu. Setiap kontrak mewakili sejumlah emas, dan tergantung pada parameternya, dapat membayar dalam dolar atau emas asli.

Emas berjangka mungkin cukup besar, membuat teknik ini paling cocok untuk investor dengan sumber daya untuk membeli kontrak bernilai tinggi.

Ada opsi emas berjangka lain yang perlu dipertimbangkan. Hal ini memungkinkan investor opsi untuk membeli kontrak berjangka pada harga tertentu pada titik waktu tertentu.

Recent Articles

Related Stories