Mengenal Crypto Coin Meme dan Cara Kerjanya

Makrufi.com – Kini crypto coin meme menjadi sangat populer di industri cryptocurrency dan juga cara kerjanya yang sangat mudah untuk dipahami, simak artikel dibawah ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Kebanyakan orang mengenal Bitcoin, tetapi itu bukan satu-satunya cryptocurrency yang ada.

Mata uang berbasis meme seperti Dogecoin telah mengumpulkan banyak pengikut selama bertahun-tahun, menghasilkan beberapa peniru, termasuk varian Dogecoin Shiba Inu, Dogelon Mars, Samoyedcoin, dan Doge Dash, antara lain.

Meskipun biasanya dibuat sebagai lelucon, coin ini dapat menyebar luas. Ketika nilai Dogecoin melonjak pada Mei 2021, ia turun drastis.

Crypto Coin Meme

Saat ini merupakan cryptocurrency paling berharga kesebelas di dunia, menurut CoinMarketCap.

Namun, nilai individu tidak pernah terlalu tinggi Dogecoin sekarang dihargai sekitar $0,15 per coin.

Jadi haruskah coin meme diperlakukan dengan serius? Inilah yang harus kamu ketahui sebelum melakukan investasi.

Apa Itu Coin Meme?

Singkatnya, coin meme adalah cryptocurrency yang terinspirasi oleh meme dan lelucon online.

Dogecoin, misalnya, terinspirasi dari meme Doge yang terbentuk dari foto viral seorang Shiba Inu.

Cryptocurrency ini biasanya tidak dimaksudkan untuk ditanggapi dengan serius tetapi tetap dapat memperoleh momentum ketika anggota komunitas membeli yang terbaru untuk bergabung dalam kesenangan.

Setelah menjadi populer dan nilainya melonjak, investor ritel dapat memasukkan dan meningkatkan coin lebih banyak lagi.

Tokoh dan selebritas internet yang terkenal juga telah membantu meningkatkan profil beberapa coin meme.

Elon Musk mungkin adalah orang yang paling terkenal untuk itu, dan bahkan ada varian Dogecoin bernama Floki Inu berdasarkan anjing peliharaan asli Musk.

Beberapa coin meme hanya dibuat sebagai penghinaan. Pada bulan Desember 2021, Mongoose coin didirikan ketika seorang legislator mengarang nama tersebut selama dengar pendapat mengenai mata uang digital.

Crypto coin meme telah ada selama beberapa tahun, tetapi beberapa mengaitkan awal lonjakan saat ini kembali ke pertempuran stok meme akhir 2020.

Ketika komunitas Reddit WallStreetBets secara dramatis meningkatkan nilai saham GameStop.

Setelah itu, banyak Redditor lain bercanda tentang mendorong nilai Dogecoin dengan cara yang sama, dan polanya tetap ada.

Komunitas Reddit lain yang disebut SatoshiStreetBets memulai pertempuran saham serupa melawan cryptocurrency populer seperti Bitcoin dan Ethereum pada tahun 2021.

Superstar internet seperti Musk juga ikut-ikutan ikut-ikutan meme coin, dan keberhasilan yang dihasilkan membuat lebih banyak orang meluncurkan cryptocurrency tiruan.

Beberapa coin meme lebih dari sekadar lelucon. Produsen coin Meme Floki Inu, misalnya, bekerja dengan Million Gardens Movement, sebuah organisasi nirlaba yang dibuat oleh saudara laki-laki Musk, Kimbal.

Karakteristik Coin Meme Umum

Crypto coin meme biasanya memiliki persediaan yang sangat tinggi atau tidak terbatas.

Tidak seperti Bitcoin, yang dimaksudkan untuk memiliki jumlah terbatas unit yang dapat diakses untuk penambangan, coin meme sering kali memiliki miliaran unit yang beredar.

Coin meme juga seringkali tidak memiliki mekanisme yang “membakar” coin tersebut, atau menghapusnya dari peredaran secara permanen, sehingga jumlahnya terus meningkat.

Karena itu, nilai mereka per unit umumnya relatif rendah. Satu dolar dapat membelikan kamu sekitar enam Dogecoin pada saat penulisan ini, sementara coin meme lainnya seperti SafeMoon bernilai lebih rendah—saat ini $0,0000014 USD.

Harga yang murah itu menjadi salah satu penyebab popularitas coin meme, karena siapa pun bisa membelinya secara massal dengan cepat.

Ini juga memungkinkan siapa saja untuk membuat meme hari ini, karena perangkat lunak yang menangani banyak pekerjaan berat untuk kamu.

Properti seperti meme coin ini berasal dari kemudahan penyesuaiannya, yang memungkinkannya untuk disesuaikan dengan subjek trendi saat ini kapan saja.

Mengenal Crypto Coin Meme dan Cara Kerjanya

Risiko Berinvestasi dalam Coin Meme

Karena mereka sangat bergantung pada mood komunitas dan faktor luar yang sewenang-wenang seperti tweet selebriti, harga coin meme sangat fluktuatif.

Meskipun ini berarti nilai coin meme tertentu mungkin melonjak secara substansial.

Seperti yang terjadi pada Dogecoin, itu juga dapat runtuh dengan sangat cepat jika dan ketika komunitas kehilangan minat dan terus berlanjut.

Beberapa orang bahkan telah menemukan mata uang kripto yang viral untuk menipu orang agar tidak mendapatkan uang.

Mengambil keuntungan dari kesuksesan viral dari acara Netflix Squid Game, Squid Game berbasis coin meningkatkan nilai jutaan poin persentase ke ketinggian lebih dari $2.000 USD.

Setiap coin sebelum pengembang menjual unit mereka dan meninggalkan uang semua orang.

Banyak coin meme juga tidak didukung oleh teknologi yang sama dengan cryptocurrency yang sudah mapan seperti Bitcoin, juga tidak memiliki ekosistem yang mapan untuk mendukungnya.

Dari coin meme yang populer saat ini, hanya dua yang menggunakan blockchain yang telah diuji: protokol Dogecoin didasarkan pada Litecoin, dan Shiba Inu dibangun di atas blockchain Ethereum.

Sebagian besar dari mereka juga hampir tidak berguna di luar industri cryptocurrency tidak ada yang menggunakan SafeMoon.

Sebagai metode pembayaran untuk produk dan layanan, misalnya (meskipun Newegg sekarang menerima Dogecoin) (meskipun Newegg sekarang menerima Dogecoin).

Karena sifatnya yang topikal, diragukan bahwa sebagian besar meme coin yang dikembangkan akan bertahan beberapa tahun. Bahkan jika itu terjadi, nilainya mungkin akan mendekati nol.

Ambil Mereka Dengan Sebutir Garam

Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan uang dengan berinvestasi dalam coin meme, itu tidak pernah menjadi hal yang pasti.

Cryptocurrency ini jauh lebih fluktuatif daripada yang setara dengan arus utama dan dapat turun nilainya dalam semalam.

Sama seperti yang kamu lakukan dengan investasi keuangan lainnya, lakukan pekerjaan rumah kamu sebelum membeli coin meme.

Jika coin tidak memiliki sejarah dan informasi tentangnya sulit ditemukan, berhati-hatilah. Bahkan mata uang paling populer pun bisa jadi hoax.

Tidak adanya whitepaper atau ekosistem yang mapan mungkin merupakan indikasi peringatan, seperti halnya whitepaper yang penuh dengan kesalahan dan janji yang ambigu.

Namun, karena harganya yang cenderung murah, kamu mungkin masih bisa membeli sejumlah yang bagus dengan pengeluaran yang sangat minim.

Perhatikan saja bahwa kamu mungkin hanya mengantisipasi pengembalian investasi kamu beberapa dolar.

Apa pun yang kamu putuskan untuk dilakukan, jangan pernah menghabiskan lebih dari yang kamu mampu untuk kehilangan.

FAQ

Dibawah ini terdapat pertanyaan mengenai crypto coin meme, antara lain:

Coin Blockchain Apa Saja?

Blockhain memiliki beberapa coin yang biasa digunakan, sebagai berikut:

  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Binance coin
  4. Cardano
  5. Dogecoin
  6. Litecoin

Kesimpulan

Crypto coin meme menjadi lebih populer (dan mudah berubah) di industri cryptocurrency. Mata uang berbasis meme seperti Dogecoin telah mengumpulkan banyak pengikut.

Coin ini biasanya dibuat sebagai lelucon, tetapi mungkin suatu hari nanti akan tersebar luas.

Nilai individu tidak pernah terlalu tinggi Dogecoin dihargai sekitar $0,15 per coin. Coin meme biasanya memiliki persediaan yang sangat tinggi atau tidak terbatas.

Mereka sangat bergantung pada suasana komunitas dan faktor luar yang sewenang-wenang seperti tweet selebriti.

Coin meme tidak didukung oleh teknologi yang sama dengan cryptocurrency mapan seperti Bitcoin, juga tidak memiliki ekosistem yang mapan untuk mendukungnya.

Kebanyakan meme sangat fluktuatif dan bisa turun nilainya dalam semalam. Kebanyakan dari mereka hampir tidak berguna di luar industri cryptocurrency.

Kerjakan pekerjaan rumah kamu sebelum membeli coin meme, terutama jika coin tersebut tidak memiliki sejarah jangka panjang atau ekosistem yang mapan. Jangan pernah menghabiskan lebih dari yang kamu mampu untuk kehilangan.

Demikian artikel tentang mengenal crypto coin meme dan cara kerjanya, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk kamu semua.