Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Makrufi.com – Apakah Anda ingin berinvestasi emas tetapi tidak yakin dengan naik turunnya harga emas? Apa yang menyebabkan harga emas sangat bervariasi? pelajari faktor faktor yang mempengaruhi harga emas.

Berinvestasi dalam logam mulia atau emas adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang secara rutin. Emas memiliki berbagai manfaat sebagai aset investasi, termasuk dividen yang menarik, kemudahan penarikan, dan harga yang cenderung tetap stabil bahkan dalam kondisi ekonomi yang buruk.

Penjelasan

Emas adalah investasi yang aman. Anda dapat mengklaim bahwa berinvestasi dalam emas adalah mungkin dalam setiap investasi. Bahkan dalam menghadapi situasi pasar yang buruk, seperti kekerasan atau ketegangan geopolitik, investor akan beralih ke aset safe haven seperti emas.

Ungkapan “safe haven” banyak digunakan untuk menggambarkan aset yang nilainya diperkirakan akan tetap stabil atau meningkat bahkan ketika keadaan pasar tidak pasti atau bergejolak.

Ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan, tujuan investor tidak lagi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin, tetapi untuk mencegah kerugian tambahan pada aset mereka.

Harga satu gram emas masih bertahan di Rp771.000 di awal tahun 2020. Di sisi lain, emas naik 25,16 persen pada akhir tahun lalu, mencapai Rp. 965.000 per gram.

Bahkan hingga akhir Agustus 2020, logam mulia Antam telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa Rp. 1.065.000 per gram.

Penjelasan

Meskipun perekonomian global saat itu masih dalam kondisi ketidakpastian, dan banyak negara mengalami resesi ekonomi, beberapa investor menganggap emas sebagai asuransi.

Kenaikan nilai emas tidak dianggap sebagai keuntungan, melainkan “lindung nilai” atau nilai lindung nilai untuk melindungi aset investasi terhadap inflasi dari waktu ke waktu.

Investor lebih suka memindahkan aset investasi mereka dari pasar saham dan obligasi ke emas di masa ekonomi yang sulit. Ini karena nilai emas tidak terpengaruh oleh kebijakan suku bunga bank sentral atau pemerintah atau kebijakan moneter dan fiskal lainnya.

Emas sebelumnya banyak digunakan sebagai alat tukar dalam transaksi ekonomi global. Namun, karena alasan praktis dan perdagangan global yang semakin rumit, uang kertas telah mengambil alih fungsi emas.

Orang telah lama menganggap emas sebagai tanda kekayaan karena nilainya yang tinggi dan kemampuannya untuk diakui di mana-mana dan dalam segala keadaan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Harga emas dapat berayun naik turun, meskipun faktanya nilainya lebih stabil. Mari kita lihat lebih dekat elemen-elemen yang memengaruhinya.

Berikut ikhtisar penyebab naik turunnya harga emas dunia, seperti dikutip Bareksa dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

Recent Articles

Related Stories