Begini Cara Cek Penerima Bantuan Dana PIP

Makrufi.com – Cek penerima bantuan dana PIP untuk bulan Desember 2021 agar dana tersebut dapat segera dimanfaatkan. Penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) harus mengaktifkan akunnya sesegera mungkin untuk menghindari tenggat waktu.

Hingga saat ini, penyaluran bantuan dana PIP berlanjut hingga Desember 2021 kepada penerima yang memenuhi persyaratan.

Menurut informasi yang diperoleh dari situs PIP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah berencana memberikan dana PIP kepada sebanyak 10,8 juta siswa secara nasional.

Oleh karena itu, pada Desember 2021, PIP akan dicairkan kembali kepada 158 pelajar/mahasiswa tersebut, yang diambil dari sisa kuota yang masih tersedia.

Untuk diketahui, PIP sendiri pada hakekatnya adalah bantuan dalam bentuk uang tunai, perluasan akses kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada siswa dan siswa yang berasal dari rumah tangga miskin dan kurang mampu.

Kebutuhan utama untuk memperoleh bantuan ini adalah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), sehingga bagi yang ingin mencari KIP, kunjungi di sini untuk pendekatan selengkapnya.

Nantinya dana pendidikan yang akan diberikan akan digunakan untuk segala kebutuhan siswa dalam tuntutan pendidikannya.

Contoh sederhana; membeli perlengkapan sekolah, biaya transportasi, biaya latihan, serta biaya sekolah/kursus, dan biaya tes kompetensi.

Siswa yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan bantuan mulai dari Rp. 450 ribu menjadi Rp. 1 juta, tergantung derajat masing-masing mahasiswa.

Cara Mengecek Daftar Penerima Bantuan Dana PIP

Cara Mengecek Daftar Penerima Bantuan Dana PIP

Siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang belum menerima PIP dapat melakukan pengecekan daftar penerima secara berkala dengan cara sebagai berikut:

  • Kunjungi web site pip.kemdikbud.go.id
  • Kolom ‘Cari Penerima PIP’ akan muncul setelah formulir dibuka.
  • Isi data NISN, tanggal lahir, bulan, dan tahun, serta nama ibu kandung
  • Rincian penerima akan ditampilkan setelah mengklik pencarian.

Perlu diketahui, dana PIP hanya akan diberikan kepada kelompok pelajar yang memenuhi tiga kewajiban yang telah ditetapkan. Berikut kewajiban mahasiswa penerima dana PIP 2021:

1. Simpan dan jaga KIP dengan baik;
2. PIP merupakan bantuan pendidikan. Dana manfaatnya harus digunakan untuk keperluan yang relevan;
3. Terus belajar dan bersekolah (tidak putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

Oleh karena itu, para pelajar tidak boleh melupakan ketiga pedoman di atas agar dana PIP dapat dimanfaatkan.

Penerima dana PIP juga diberikan informasi tambahan agar tidak melewatkan batas waktu aktivasi rekening di bank penyalur.

Recent Articles

Related Stories